Karimun jawa – Day 1

Hello World !

Mumpung masih anget nih, gw mau berbagi pengalaman beserta tips buat kalian yang mau nge-trip ke Kepulauan Karimun Jawa. Karimun jawa?? Iya Karimun jawa , pulau kecil (tapi sebenernya luas juga) yang ada di seberang pulau jawa, deket sama Jepara.

Oke langsung aja yah.

Berangkat dari Jakarta, Stasiun Pasar Senen bareng temen deket gw pukul 22:10 WIB hari Kamis, 19 Desember 2013. Sebenernya kami udah tau kalo pergi ke Karimun jawa itu timing yang pas adalah di bulan Maret, Mei,  Juni, Juli, Agustus gitu… Soalnya itu bulan bulan kemarau. Tapi gakpapa deh kami coba aja nge-trip bulan Desember yang emang dikenal musim ujan gedhe-gedhean. Huhuhuhuhu buat pengalaman juga sih, biar punya cerita yang beda sama orang lain gitu. Ngiahaha

Day 1

Pukul 06:20 WIB kereta Tawangjaya yang kami tumpangi pun sampai di Stasiun Semarang Poncol. Bahagia banget rasanya,haha. Langsung beli tiket buat pulang ke Jakarta  hari Seninnya, nunggu loket buka sampe kurang lebih jam 8an. Akhirnya tiket udah ke beli, langsung lah kami chaw ke Terminal terboyo pake elf yang ada tulisannya TERBOYO, tinggal nunggu di depan stasiun aja kok, banyak yang lewat. Tapi jangan sampai salah naik yah, soalnya banyak juga elf jurusan solo yang lewat.

Oke elf datang, kami naik dan sampailah di terminal Terboyo dengan budget 5000/orang. Sebenernya kalo punya uang pas, bayar 4000 juga boleh kayaknya.

Pas sampai di terminal Terboyo, lanjut lagi cari elf yang jurusan Jepara, tinggal lurus aja dari tempat elf kita berenti, nanti belok kiri, udah ada elf jurusan Jepara yang  lagi ngetem cari penumpang (masih di dalem terminal).

Tuk utuk utuk.. perjalanan kurang lebih 2 jam, akhirnya sampai juga di terminal Jepara. Jangan kaget pas sampai disini, soalnya pasti banyak tukang becak yang nyamperin.hehe. baik baik kok, malah kami dapat becak yang gak perlu nawar2, kata bapaknya terserah mau ngasih berapa aja buat ke dermaga Jepara. 15.000 juga boleh katanya. Tapi berhubung barang bawaan kami cukup banyak, akhirnya kami ngasih 20.000 dengan Cuma Cuma. Kalo kalian masih punya tenaga, jalan kaki juga boleh. Tapi jaraknya lumayan sih, lumayan jauh :p

Oiya, di terminal ini gw sempet bersih-bersih dulu, badan rasanya lengket semua soalnya. Dan terkagetkan gara-gara airnya asin ~o~

Tuk utuk utuk.. sampailah di dermaga Jepara, jam setengah dua katanya kapal Bahari Express yang kami naiki bakal berangkat. Buat yang muslim, disini ada musholah kok, bisa buat sholat dhuhur dulu.

Harga tiket kapal Bahari Express ini lumayan mahal sih, yang dulunya gw baca di blog orang itu harganya 84.000 tapi sekarang gw pesen ternyata harganya naik jadi 110.000 , hehe. Tapi gakpapa, dijamin memuaskan deh kapalnya. Cepet, ber-AC, tempat duduknya empuk pulak.

Tepat pukul 16:00 kami sampai di Dermaga Karimun jawa, dengan cuaca yang lumayan tidak bersahabat. Hujan dan angin besar. Untung aja pak Rifai (orang yang kami hubungi buat sewa penginapan sama tour laut harian) baik, dia nyuruh adiknya buat jemput dan antar kami ke penginapannya. Hehe

Kalo pas lagi musim kemarau, kalian gak pake jasa tour itu juga gak masalah, tapi kalo lagi musim hujan begini, sangat disarankan pake jasa tour atau paling gak ada yang antar jemput dari dermaga ke penginapan.

Tuk utuk utuk.. kami tiba di penginapan pak Rifai, ngiah ngiah satu rumah itu ternyata isinya cuma kami berdua doang, udah berasa rumah milik sendiri ini mah. Sewa penginapan disini harganya 80rb/malam/kamar. Luas kok kamarnya, ada dua tempat tidur besar, kipas angin, sama meja rias. Kamar mandi di luar ya, ada dua dan bersih.

Seneeeeng banget rasanya bisa sampai di tanah Karimun jawa 😀

Okay, setelah beres-beres dan bersih-bersih, malam pun datang, dan  cuaca masih gak bersahabat =.=

Akhirnya kami diantar beli makan di deket alun2 yang namanya Bu Esther. Tempat makan yang namanya udah terkenal buat para backpacker.

Kelar makan malem, balik ke penginapan lagi. Yaiyalah mau kemana lagi coba ! Kalo malem ditambah lagi sama hujan, kota Karimun itu jadi sepi. 

Istirahat di penginapan dulu deh akhirnya, berharap cuaca besok pagi bakal cerah, soalnya kami mau snorkeling. Nengokin terumbu karang yang kelasnya udah internasional mennnn. Hehe

Okay, Selamat ketemu di Day 2.

Rincian biaya buat Day 1 

– Kereta ekonomi AC dari JKT-SMG : Rp 45.000

– Elf stasiun SMG PONCOL-terminal Terboyo : Rp 5000

– Elf terminal Terboyo-terminal Jepara : Rp 12.000

– Becak terminal Terboyo-dermaga Jepara : Rp 10.000

– Tiket kapal Bahari Express Excecutive : Rp 110.000

– Makan malam : Rp 10.000

– Penginapan malam 1 : Rp 40.000

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s