Image

DIALEKTIKA

Ini toh yang namanya Dialektika.. Dialektika Teknologi. Sebabnya Dosen saya bilang “Janganlah anda bergantung pada Teknologi”

tjahjorahardjo

Menurut Jan Romein , seorang ahli sejarah Belanda menerangkan arti Dialektika sbb. :

“…….Sesuatu, yang secara sepintas lalu kelihatannya benar sesudah dipertimbangkan kembali terbukti salah, tetapi sesudah dipikirkan lebih dalam dan terperinci, terbukti dapat diterima kembali kebenarannya”

Ini dinamakan “falsafah kwadrat”, karena  sepenuhnya bahwa kebenaran terakhir ini mempunyai tingkat yang lebih tinggi dari kebenaran sebelumnya. Terutama sudah mengalami kritik koreksi. Baru kemudian disadarinya bahwa falsafah kwadrat- nya ternyata adalah suatu pengertian mula dari Prinsip  Hegel (Wilhelm Friedrich Hegel, 1770-1831).

Menurut jalan pikiran Dialektika Hegel, tidak ada yang tidak berubah di Dunia ini. Dan cara berubahnya sedemikian rupa sehingga setiap timbulnya suatu  pengertian (thesa), selalu akan menimbulkan satu atau beberapa (antithesa) yang berlawanan atau tidak serupa, dari pengertian semula. Thesa dan antithesa ini akan bersama-sama menimbulkan suatu pengertian yang lebih tinggi tingkatnya, yang biasanya disebit Synthesa.

Seorang bintang tennis seperti Roger Federer, tidak akan dapat memperbaiki mutu permainnya, jika dia tidak…

View original post 801 more words

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s