Enjoy your Weekend at Pantai Poktunggal

Belum afdol rasanya kalo udah singgah di Gunung Kidul Yogyakarta tapi gak nyobain yang namanya camping.
Kebetulan saya dapat kesempatan buat camping disana ! *Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui

Buat yang memulai perjalanan dari jakarta dan pengen tetep hemat, saya sarankan pakai jasa kereta api aja. Soalnya selain murah, perjalan kita juga jadi nyaman dan pasti.
Untuk keretanya kalian bisa pakai kereta Progo. Ini kereta ekonomi, murah meriah dan terjamin. Tapi katanya tahun 2015 semua kereta ekonomi bakal naik harga 150%. *Sedihhhh*DSCF2609

Untuksampai ke pantai Potunggal ini, kalian harus menyiapkan tenaga ekstra. Apalagi buat yang pakai motor. Haha. Siap siap kram pantanya 😀 . Kamu harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Jogja. Kalau saya kemarin berangkat dari Jogja sekitar jam 4, sampai disana jam setengah6. Oiya, kamu juga harus ekstra hati-hati ketika sudah sampai dijalan yang tidak beraspal. Kamu bakal menempuh jalanan bebatuan tidak rata dan sempit sekitar 1km. Saya sarankan, jangan datang kesini pada waktu musim hujan, karena jalanan akan jadi licin.

Baiklah. Itu tadi jalannan yang harus kalian tempuh. Memang susah, tapi seimbang kok samaapa yang bakalan kamu dapat di pantai ini 😀 . Kamu bakalan disambut sama ombak dan pasir coklat muda. Serius, ombaknya gak main main. Mantap banget buat kalian yang suka main ombak.

Karena kami sampai di pantai ini pukul 17.30, kami langsung mendirikan tenda. Ya kan memang harus pakai tenda kalau mau camping. Kamu bisa sewa tendanya juga disini dengan harga 50.000, tapi kemarin sih saya bawa dari jogja, lebih hemat. :3

DSCF2613

DSCF2634

Malam pun datang, kami menikmati suara ombak, hembusan angin pantai, juga sentuhan pasir pantai 🙂 . Sebenernya kalau yang saya baca di blog lain, di pantai inilah kita bisa ngeliat banyak bintang jatuh. Tapi sayang, pas kemarin kami kesini, cuacanya mendung. Jadi ketutup sama awan. Tetep bisa liyat satu dua bintang jatuh sih,hehe. Tapi gak abis akal, kami malah main nebak-nebak bentuk awan. Dan akhirnya saya pun tidur diluar tenda, diatas pasir. Sekitar pukul 2 pagi dini hari, langitnya cerah, bersih, bening, bener2 indah. Banyak banget bintangnyaaaa :3
Satu lagi, walaupun mendung, tapi tetep cerah. Nah loh. Iya soalnya padang wulan 😀DSCF2618

Malam pun berlalu, sang surya mulai menampakkan dirinya.DSCF2636DSCF2645
Apa yang akan kami lakukan??
Main ombaaaaaaaaak. Hahaha, betapa asiknyaa, serius asik banget.
Pantai yang punya ombak besar kaya gini juga udah pernah saya datengin sebelumnya, tapi di banten (Sawarna namanya), tapi pasirnya hitam dan akses jalannya yang susah.DSCF2627

Ah. Cukup rasanya berbagi pengalaman di pantai Potunggal ini.
Semoga bermanfaat.

Tips :
– Jangan terlalu sore berangkat dari Jogja. Kalau bisa sekitar jam 3 sore.
– Jangan lupa bawa perbekalan, kalau mau hemat dan lebih kerasa camping-nya
– Jangan lupa bawa baju ganti
– Pakailah pakaian dan sandal yang sesuai
– Jangan lupa bawa kamera
– Jangan datang ketika musim hujan
– Jangan malu bertanya dijalan dan bersikaplah ramah dengan warga sekitar
– Jangan membuang sampah sembarang, tetap jaga kebersihan